Pages

2/27/15

Smada Expo: Supermassive


Purwokerto – Memperingati ulang tahunnya yang ke-65, SMA Negeri 2 (Smada) Purwokerto menggelar sebuah pentas seni yang bertajuk ‘Smada Expo: Supermassive’. Menampilkan sederetan pertunjukan seni seperti kompetisi band antar SMA, pertunjukan musik, tari-tarian, juga  dimeriahkan oleh stand up comedy, movie screening, saman dan scout in action. Sebagai puncaknya, Supermassive menyajikan sebuah pentas kolaborasi berupa drama musikal yang di dilanjutkan dengan penampilan Febri Yoga sebagai puncak kemeriahan pagelaran perayaan ulang tahun Smada kali ini (21/2).


Pagi semenjak pukul 8, venue yang bertempat di halaman SMAN 2 Purwokerto sudah mulai dimeriahkan oleh penampilan para peserta kompetisi band. Terdapat dua panggung, panggung utama yang berukuran kurang lebih 8x10m dan panggung kedua yang lebih kecil diisi oleh instrument gamelan yang nantinya akan digunakan pada acara kolaborasi di malam hari. Selain panggung pertunjukan, venue Supermassive pun menggelar beberapa booth yang diisi oleh stand ekstrakurikuler dan beberapa food court juga booth sponsor.

Mulai pukul 3 siang, beberapa band dari smada dan alumni smada tampil di atas panggung seperti Pextra, Inamorta, HOS dan Corona. Selain itu ada juga penampilan dari juara Smada Got Talent (SGT) -yang merupakan ajang adu kreatifitas siswa antar kelas X, XI dan XII smada yang telah digelar sebelumnya- untuk kembali mementaskan pertunjukannya di panggung utama Supermassive. 

Selepas break maghrib dan isya, acara kembali dilanjutkan dengan pengumuman pemenang kompetisi band dimana SMAN 1 Cilacap, SMA Bruderan dan SMKN 3 Banyumas menjadi juara satu dua dan tiga (berurutan). Tidak lama kemudian, movie screening yang mepertontonkan film pendek karya siswa ekstrakurikuler broadcasting dan juga karya juara lomba film pendek antar kelas SMAN 2 Purwokerto yang telah dilombakan sebelumnya, digelar di samping panggung utama. Dilanjutkan dengan penampilan tari saman yang diiringi oleh decak kagum penonton, juga penampilan ‘Scout in Action’ dari ekstakurikuler pramuka yang menampilkan aksi baris-berbaris dan atraksi menggunakan api.

Tidak terlewat stand up comedy turut memeriahkan Smada Expo kali ini. @wiranagara, @renopangpang dan @bangsatruk didaulat menjadi comic yang menggiring gelak tawa penonton malam itu. Brewok n the BangBlues, sebuah band dengan genre musik yang mengusung blues-banyumasan membawakan single-single milik mereka dengan bahasa banyumasan dan sentuhan komedi pada lirik dan aksi panggungnya, kembali melanjutkan gelak tawa penonton setelah penampilan stand up comedy sebelumnya.

Tiket yang sold out malam itu berimbas pada membludaknya penonton yang hadir menyaksikan pagelaran smada expo kali ini, namun berkat koordinasi panitia yang baik, sepanjang pagelaran tidak terjadi hambatan yang berarti.

Masuk pada rangkaian puncak acara, penampilan kolaborasi drama musikal yang membawakan epik Mahabarata melanjutkan kemeriahan malam itu. Sebuah drama yang diiringi musik modern dan tradisional, perkusi dan choir juga penampilan tari-tarian mengiringi pengkisahan mahabarata yang diawali dari permainan dadu yang memicu perang bharatayuddha antara pandawa dan kurawa berlangsung. Dan pada akhir rangkaian puncak acara, tibalah saatnya penampilan dari Febri Yoga. Penonton yang hadir malam itu pun langsung merangsek ke bibir panggung dan tak henti-hentinya berteriak histeris dan turut bernyanyi pada setiap lagu yang dibawakan Febri Yoga malam itu. Alumnus Indonesian idol itu tampil dengan band pengiring dari musisi purwokerto dan membawakan kurang lebih sepuluh lagu dan diantaranya terdapat single ‘Pilu’ yang merupakan single miliknya. Dan seluruh rangkaian acara hari itu ditutup dengan Fireworks Party yang sukses menutup kemeriahan rangkaian Smada Expo kali ini.

Teks dan Foto oleh: Aditya Thio
























































































4 comments: