Pages

3/14/12

Pentas Luar Kota Teater Kaplink (UDINUS) Semarang


Purwokerto -  Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) didatangi oleh muda – mudi asal Semarang, mereka menamai dirinya TEATER KAPLINK dari Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS). TEATER KAPLINK mengadakan pertunjukan teater bertajuk “TITENE KELALEN” sekitar pukul 19.30 Rabu, 7 Maret 2012 bertempat di Aula Teknik Lantai 3 Fakultas Teknik UMP. Ini merupakan agenda pentas luar kota TEATER KAPLINK, mereka pertama kali pentas di Purwokerto sebagai usaha menjalin tali persaudaraan antar komunitas seni khususnya teater. Acara tersebut juga sebagai wujud kerjasamanya dengan TEATER PERISAI dari UMP , yang sebelumnya pernah melakukan pementasan di UDINUS.



TEATER KAPLINK  tampil menyampaikan pesan “TITENE KELALEN” yang mana memiliki arti bahwa masyarakat kini telah lupa terhadap jati diri mereka serta  budaya yang mereka miliki. “TITENE KELALEN” sendiri sempat dibawakan di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang. Tidak sia – sia dengan latihan 4 bulan , mereka tampil dengan penuh ekspresi dan penghayatan.


Tidak hanya dialog saja namun ditengah cerita penonton dihibur dengan tarian – tarian tradisional dan kontemporer yang sealur dengan cerita. Dan sepanjang jalannya cerita “TITENE KELALEN” tidak ketinggalan suara – suara nyaring gamelan jawa dan hentakkan kendang yang dimainkan langsung oleh pemusik . Tepat pukul 22.43 pertunjukan selesai , lalu diadakan diskusi antara penyelenggara dan para penonton .








teks & foto oleh: Usman Nur Fattah

2 comments:

  1. kalo gasebu si boleh bkin acara teater juga ga? apa cuma d perisai doank?

    ReplyDelete