Pages

4/20/15

Gelar Karya 10 Gitaris 2015




Banyumas – Sabtu di penghujung bulan Maret 2015 (28/3), Paguyuban Masyarakat Seni Banyumas bersama Forum Gitaris Banyumas menyelenggarakan sebuah event yang menjadi  tempat berkumpulnya para gitaris muda berbakat dalam mengapresiasikan karya, yang bertajuk ‘Gelar Karya 10 Gitaris’. Sesuai titel acara, event ini dimeriahkan oleh penampilan dari sepuluh gitaris muda berbakat asal Kabupaten Banyumas. Juga dimeriahkan oleh pameran karya seni rupa yang bertajuk ‘Inyong – Rika’ dari Selasar Seni Rupa. 


Pendopo Sipanji Kecamatan Banyumas menjadi tempat digelarnya event ini dimana semenjak pukul 15.00 sudah mulai diramaikan oleh penampilan pembuka dari 'Blue and Green'. Setiap gitaris yang menjadi headliner pada acara ini diberikan kesempatan membawakan dua lagu dimana salah satu lagu yang mereka bawakan merupakan karya musik mereka sendiri. Diawali oleh penampilan dari Abink yang diiringi band-nya ‘Shotgun Blues’. Lalu Bangkit dan Satria bersama band-nya ‘La Grange’ melanjutkan kembali kemeriahan acara sore itu. Kemudian ada Dimas Wicak dan dilanjutkan Langthiep yang menjadi penutup pada sesi pertama sebelum jeda maghrib sore itu. 

Selain penampilan dari sepuluh gitaris, juga terdapat pameran karya seni rupa dari Selasar Seni Rupa di sudut pendopo yang menampilkan puluhan karya seni rupa yang juga karya seniman asal Banyumas. Selain itu juga terdapat booth merchandise dimana penonton dapat memperoleh merchandise berupa t-shirt acara dan berbagai pernik lainnya. Juga terdapat ‘wall of fame’ yang disediakan panitia untuk  penonton yang ingin berfoto-foto di depan sebuah banner berukuran kurang lebih 2x3m. Dipandu pula oleh host Afton ‘Brewok’ dan Jani Pucio yang selain rutin menyampaikan informasi mengenai acara kepada penonton, juga turut melibatkan penonton pada sesi ‘doorprize time’ di sela penampilan para gitaris membuat acara semakin meriah sore itu.

Selepas Maghrib, acara dilanjutkan dengan penampilan dari Ibenk ‘Benz Rock’ kemudian dilanjutkan oleh Itjak ‘Itjak Rockenrolla’. Lalu penampilan dari Gendit dari ‘Anak Hilang Blues Band’, dilanjutkan oleh Andrea Bayu kemudian Aditya Bayu dan diakhiri oleh Papa Richards sebagai penutup penampilan dari 10 Gitaris malam itu. Sebagai penutup acara, panitia dan seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini berkolaborasi menyanyikan sebuah lagu bersama yang diselingi oleh pembacaan naskah puisi.

Teks: Aditya Thio
Foto: Aditya Thio & Dayu Sukma Anggara




























































































1 comment:

  1. Terima kasih Stage Purwokerto atas partisipasinya dalam mendokumentasikan pergelaran Gelar Karya 10 Gitaris oleh Forum Gitaris Banyumas-Paguyuban Masyarakat Seni Banyumas. Semoga kedepan semakin terjalin kekerabatan yang lebih harmonis untuk kemajuan dan perkembangan musik yang lebih berkualitas di Banyumas Raya..salam Budaya seni..

    ReplyDelete