Pages

4/4/13

Jakarta International Java Jazz Festival 2013: Jazz Up The World




Jakarta – Gelaran Festival Jazz Tahunan terbesar se-Asia kembali digelar untuk tahun ini (1-3/3) di Jakarta, tepatnya di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran. ‘Jazz Up The World’ menjadi tagline gelaran Java Jazz Festival (JJF) kali ini merupakan maksud bahwa event ini telah selama bertahun-tahun hingga sekarang menjadi sebuah festival musik Jazz yang besar dan berpengaruh di dunia.


 
Di tahun ke sembilannya ini, Java Jazz Festival kembali menyuguhkan ratusan musisi jazz nasional maupun internasional diantaranya Joss Stone, Craig David, Lisa Stansfield dan Basia sebagai performer Special Show nya, juga dimeriahkan oleh Maurice Brown, Fourplay, Clarke/Duke Project (Stanley Clark / George Duke), Miles Smiles (Larry Coryell, Omar Hakim, Joey DeFrancesco, Daryll Jones, Rick Margitza), Jimmy Cliff, Lee Rittenour w/ Dave Grusin, Spyro Gyra, Phil Perry & Brian Simpson, Earl Klugh, Marcus Miller, Wouter Hamel, Chucho Valdes, Magnus Lindgren dan masih banyak lainnya. Juga musisi nasional turut memeriahkan event ini diantaranya, Maliq n D’Essentials, Glenn Fredly, Tompi, Andien, Raisa, RAN, D’Massiv Jazz Project, Barry Likumahuwa Project, Balawan, Dewa Budjana, Tohpati Bertiga, Dewi Sandra, Eva Celia, Abdul and the Coffee Theory, Calvin Jeremy, Cindy Bernadete, The ExtraLarge, Ginda and the White Flowers, The Groove, Indro Hardjodikoro The Fingers, Krishna Balagita, Dwiki Dharmawan, Indra Lesmana LLW, The Jongens Quartet, Oddie Agam, Sister Duke, Storia, BubuGiri, Tulus, Matthew Sayersz dan masih banyak lainnya.


Dari beberapa line-up yang ada, banyak terdapat musisi jazz pendatang baru seperti Ginda and the White Flowers, The Extra Large, Tulus, dan beberapa lainnya ikut menyemarakan event ini. Juga yang menarik adalah dimana D’Massiv yang notabenenya bukan band beraliran jazz, dengan nama ‘D’Massiv Jazz Project’ turut tampil di event ini walaupun kurang begitu mendapat tanggapan positif dari penonton. Selain itu penonton banyak sekali disuguhi surprise pada setiap pertunjukannya. Diantaranya ketika Maurice Brown ikut tampil bersama Indra Lesmana LLW, Wouter Hamel yang mengundang Calvin Jeremy untuk berduet diatas panggung, juga seperti Fourplay yang di penampilan hari keduanya menggunakan pakaian batik.


Ratusan musisi jazz dalam rangkaian tiga hari acara ini mengisi 17 Stage yang tersebar di Kompleks Gedung JIExpo Kemayoran. Pengunjung juga dimanjakan oleh kualitas sound dan tata cahaya kualitas internasional di setiap stage-nya. Tidak hanya disuguhi penampilan musisi jazz saja, pengunjung juga dapat mengikuti beberapa klinik musik yang diisi oleh musisi-musisi jazz ternama, bahkan terdapat pula klinik fotografi. Selain itu terdapat tenda besar di tengah venue yang isinya sekitar 50 booth produk musik, elektonik, kendaraan, media, komunitas dan lain sebagainya turut meramaikan gelaran java jazz kali ini. 


Selama tiga hari acara berlangsung, pengunjung sudah dibekali rundown acara yang bisa diunduh langsung dari situs resmi Java Jazz Festival atau dapat dilihat melalui perangkat aplikasi Java Jazz Festival 2013 untuk smartphone, namun beberapa diantaranya terdapat perbedaan pada saat acara berlangsung, juga ditambah ada beberapa line-up yang ‘mulur’ sehingga sedikit membuyarkan planning pengunjung untuk menonton dari satu stage ke stage lainnya. Namun sepertinya pihak penyelenggara sudah mengantisipasi hal ini dengan menyiapkan di beberapa tempat device LCD touchscreen 40” yang bisa diakses oleh pengunjung dan di-update secara real-time keseluruhan line-up yang sedang berlangsung beserta yang akan tampil di setiap stage-nya, juga Live-Tweet dari akun pihak penyelenggara cukup membantu untuk mengingatkan beberapa line-up yang segera tampil. Di hari ketiga gelaran berlangsung, hujan sempat turun cukup deras sehingga cukup mengganggu mobilitas pengunjung, juga beberapa stage yang bertempat di luar ruangan terpaksa dihentikan sementara selama hujan berlangsung. Namun untungnya hujan tak berlangsung begitu lama sehingga segala sesuatunya bisa berlangsung kembali seperti semula. 

(Special Thanks to StageID)

 









































No comments:

Post a Comment