Pages

2/14/13

Headbanger Revolution Metal Festival



Purwokerto - (15/12/12) Festival Musik Metal terbesar di Purwokerto bertitle “Headbanger Revolution Metal Festival” digelar. Berbagai persiapan telah dipersiapkan untuk menyambut pesta terbesar tersebut. Kereta Badja sebagai penyelenggara acara telah mempersiapkan semua kebutuhan untuk Metal Fest ini. Pre-sale tiket telah mulai dibuka 3 bulan sebelum hari-H, begitu pula dengan penjualan merchandise dengan title Headbanger Metal Fest tersebut.


Metal Fest ini termasuk kedua kalinya dalam tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Kereta Badja, sebelumnya pada bulan Maret 2012 ada acara  yang sama dengan title yang berbeda yaitu Headbanger Metal Festival IV dengan bintang tamunya Carnivored, dan pada Headbanger Revolution Metal Festival kali ini bintang tamunya adalah Burgerkill, band asal Bandung yang telah lama menghiasi panggung-panggung Metal di Indonesia bahkan di Mancanegara.

Mengambil tema Revolution karena Festival Metal kali ini benar-benar Revolusi dari sebuah pertunjukan panggung Metal di Indonesia khususnya. Dengan tata panggung, tata sound, dan line-up. Dengan konsep 2 panggung, 1 panggung festival dan 1 panggung utama khusus untuk Burgerkill. Indoor Futsal GOR Satria disulap menjadi sebuah tempat pertunjukan dengan showcase yang luar biasa. Dari segi tata sound Metal Revolution mengambil konsep sorround sound, dimana ada 4 titik sound yang mengitari panggung utama sehingga dari Burgerkill sendiri dan penonton akan menikmati kualitas sound yang baik karena tersebar di 4 penjuru Indoor Futsal. Yang jarang terjadi pada suatu pertunjukan musik Metal adalah adanya pertunjukan Kentongan dari STAIN Purwokerto yang ikut mengisi acara tersebut, hal ini jarang terjadi pada pertunujukan musik Metal dimanapun, karena penggabungan kesenian tradisional dan pertunjukan musik Metal.

Mari kita beralih ke panggung festival ada siapa yang akan mengisi disana? Oke mari kita buka kembali rundown acara, hehe. Di panggung festival adakan diisi oleh band-band lokal, antara lain Sacrefixx, Pernicious Hate, Soulsaver, Burning Dog, Evil Circle, Bunkerboob, Belysh, Agnostica, Conscience Revolt, Terrorsound, Bedah Saraf, dan The skies bleed. Pada panggung ini band-band di atas akan menampilkan penampilan terbaiknya sebelum Burgerkill naik panggung.

Open Gate mulai dibuka mulai pukul 11.00 seluruh Metalhead yang dari pagi sudah memadati pelataran GOR Satria Purwokerto mulai masuk dengan menunjukkan tiket yang sebelumnya mereka beli. Pembelian On The Spot juga dilayani, namun dengan harga yang berbeda. Pre-sale dihargai 25.000 dan On The Spot 35.000. Walaupun gerbang dibuka pukul 11:00 namun acara baru dimulai sekitar pukul 13:00 dan suara distorsi gitar dari band-band Lokal mulai terdengar di panggung Festival.

Dimanakah Burgerkill ketika panggung Festival telah riuh dan ramai oleh penonton dan pengisi acara lain? Apakah mereka belum datang? Ternyata Burgerkill sedang melakukan presscon di Padepokan Seni Satria bersama dengan rekan-rekan media di Purwokerto antara lain dari Radar Banyumas, Dayz Magz, Paduka FM, YouRadio, dll. Hadir juga di presscon salah satu fans yang beruntung untuk dapat bertatap muka langsung dengan band pujaan mereka. Dimulai sekitar pukul 15:00, perbincangan hangat mulai mengalir dengan candaan namun tetap serius. Sekitar 1 setengah jam presscon berlangsung, setelah akhirnya Burgerkill kembali ke Hotel untuk mempersiapkan pertunjukan mereka nanti malam.

Kembali ke venue tempat Headbanger Revolution Metal Fest, pertunjukan di panggung Festival masih berlangsung dan mulai berakhir pada pukul 18:00. Acara di pending sejenak sampai pukul 19:30. Venue mulai lengang karena istirahat yang cukup lama, namun tiba-tiba di panggung utama ada sekelompok orang menaiki panggung dan mulai memecah keheningan. Ternyata itu adalah Grup Kentongan dari STAIN Purwokerto yang membuka pertunjukan di panggung utama, selama hampir setengah jam menikmati musik kentongan khas Banyumas, GOR digoyang dengan pertunjukan kentongan yang atraktif dan sangat menghibur.

Tiba saatnya yang ditunggu penampilan dari Burgerkill, kembali suara riuh penonton memecahkan keheningan di malam itu, membawakan sekitar 10 lagu band asal Bandung berhasil “menghancurkan” Indoor Futsal Purwokerto. Penampilan yang memukau dengan di dukung tata panggung, lighting dan sound yang memukau mambuat penonton semakin bersemangat malancarkan aksi mereka membuat circle pit dan moshing yang tak hentinya saat Burgerkill membawakan lagu-lagu andalan mereka.

Acarapun berakhir dan penonton keluar dengan wajah ceria menunjukkan bahwa mereka puas akan pertunjukan seharian tadi. Mereka berharap akan ada banyak lagi acara seperti ini dengan menampilkan line-up lain. Dari panitia pun puas akan jalannya acara karena tidak ada kendala yang berarti. Dari pihak Kereta Badja sendiri akan ada lagi Headbanger Metal Fest V tahun depan (2013), tentunya dengan konsep yang berbeda dan pastinya bersiaplah karena ini akan lain dari yang lain. Desas desus yang terdengar akan menampilakan ratusan line-up dan 5 panggung berbeda di saat bersamaan, bersiaplah 
“Blast Your Ear Till Eargasm!!!”

Teks oleh: Adi Nugroho
Foto oleh: Aziz No End











No comments:

Post a Comment