Pages

7/31/13

4th Ramadhan Blues 2013


Purwokerto - Ramadhan tahun ini (23/7), Purwokerto kembali diramaikan  oleh event musik Blues di bulan Ramadhan, Ramadhan Blues. Ya, event rutin tahunan yang telah rutin digelar semenjak tahun 2010 ini kembali digelar untuk ke empat kalinya. Di tahun ke empatnya, event yang di garap oleh Gasebu UMP ini kedatangan tamu special, seorang musisi blues nasional sekaligus pelopor Delta Blues di Indonesia, Adrian Adioetomo.

Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, Ramadhan Blues tahun ini digelar di tempat yang sama yaitu di depan Halaman Rektorat UMP. Digelar diertengahan bulan Ramadhan, agar nuansa ramadhan pun semakin terasa. Ramadhan Blues kali ini dimeriahkan oleh musisi-musisi blues lokal kenamaan dari Purwokerto dan kota sekitarnya seperti, Abink & Shotgun Blues dari Bumiayu, Gaha & TeleskeBlues dari Banjarnegara, Gendit and Friends dari Banyumas, juga The GangBangblues, Widi & Bluesgank, La Grange ID dan Harmony dari Purwokerto, dan tentunya Adrian Adioetomo. Selain Stage Purwokerto, event ini bekerjasama dengan Demajors, Idea Digital Printing & Advertising, dan juga Seen Motions.

Adrian Adioetomo sendiri sebenarnya telah tiba di kota Purwokerto satu hari sebelum acara dimulai untuk melakukan media visit ke beberapa stasiun radio dan media cetak di Purwokerto untuk promo event sekaligus promo album terbarunya yang bertajuk ‘Karat dan Arang’. Dan tentunya tidak ketinggalan untuk mencicipi kuliner khas lokal seperti Mendoan dan Soto Khas Sokaraja sembari berbuka puasa.

Pada awalnya, stage Ramadhan Blues bertempat tepat di halaman parkir Rektorat UMP, dan sudah satu hari sebelumnya stage tampak sudah mulai dipersiapkan. Event yang seharusnya dijadwalkan pukul 15.30 WIB untuk memulai acara, terpaksa ditunda karena hujan yang turun tidak menentu dan sulit diprediksi. Namun setelah dirasa cuaca tak kunjung bersahabat, beberapa jam selepas sholat tarawih panitia memutuskan untuk memindahkan stage ke pelataran rektorat UMP yang terlindung dari hujan agar acara dapat tetap berlangsung walaupun cuaca tedak mendukung.
Walaupun mengalami penundaan acara dan hujan yang tak kunjung reda, apresiasi penonton yang datang cukup antusias, terlihat dari masih banyaknya penonton yang terus berdatangan dan menunggu, bahkan terlihat beberapa diantaranya ada yang menggunakan jas hujan. Malam itu acara acara berjalan lancar walau sempat ditunda dan dibuka dengan rintik-rinrik hujan. Hingga tiba saat Adrian Adioetomo tampil lepas tengah malam, penonton nampak semakin merapat ke stage. Adrian Adioetomo membawakan tiga lagu dan diantaranya adalah single yang berjudul ‘Lidah Api Menari’ dari album terbarunya.


Teks & Foto oleh: Aditya Thio


































No comments:

Post a Comment