Pages

10/28/15

BaturraJazz 2015


BaturraJazz, sebuah event musik jazz di kaki gunung Slamet. Malam itu Sabtu, 17 Oktober 2015 bergerumun orang-orang mendatangi Bukit Bintang Baturraden yang merupakan tempat di helatnya BaturraJazz. Event yang baru pertama kali di gelar itu langsung dibanjiri penonton dari berbagai kalangan tidak hanya dari penikmat musik jazz.
Event ini merupakan rangkaian dari acara Grebeg Suro untuk memperingati datangnya bulan Muharram. Acara ini digagas oleh empat Pemuda Baturraden adalah Prayit, Ana, Wisnu, dan Trisno yang masih menggunakan dana swadaya untuk penyelenggaraanya.
  
Event di bagi menjadi dua sesi sore dan malam, namun karena sepi penonton di sore harinya maka semua rentetan acara dimulai pada malam hari. Dibuka oleh seni tradisional kenthongan kencana laras yang di dominasi anak-anak usia belia. Dilanjutkan dengan tari yang diiringi kesenian calung Banyumas. Total ada 12 band yang mengisi panggung BaturraJazz dimulai The Bottles, Indonesia 69, Revolver, Ellsa Band, Mutiara, Monsterland feat. Eric AADC, Kwartet JazzUdu feat. Kang Daong, Setiardji, Kencana Rukmi, Gosh, Trio Satria, dan puncak acara diakhiri oleh Adie Unyiel & The Bawor.

Di tahun pertama ini seluruh penampil masih di dominasi dari musisi lokal, walau begitu tidak menurunkan antusisasme penonton untuk hadir malam itu. Ditengah-tengah acara MC Valent dan Brewok mengajak penonton untuk melakukan flash mob dengan menyalakan flash dari kamera handphone bersamaan untuk menerangi bukit bintang. Disana tersedia booth yang menjual kaos official BaturraJazz dan kaset CD Adie Unyiel & The Bawor. Dan booth makanan dari rica-rica bebek Bu Paimo yang laris dibeli oleh penonton.
      
Harapan yang diinginkan Prayit selaku Project Officer adalah tahun depan masih berlanjut tren positif ini , karena melihat potensi penonton yang hadir mencapai 2000-an. Dan datang pula bantuan dari sponsor untuk perhelatan BaturraJazz tahun depan.

Teks dan foto oleh : Adhi Wicaksana Basuki 







    





























































No comments:

Post a Comment